Cara Menyusun Paket Wisata Lengkap

Membuat produk paket wisata merupakan salah satu kegiatan pokok dari perusahaan perjalanan wisata sesuai  dengan perananannya untuk mengpublikasikan dan menjual paket wisata. Sebagai industri jasa yang menyelenggarakan kegiatan perjalanan ke dalam maupun luar negeri, BPW biasanya menunjuk beberapa perwakilan di kota-kota besar di wilayah lain untuk mewakili kegiatan penyelenggaraan baik secara tetap maupun tidak tetap.

Dalam kesehariannya tugas pokok BPW yaitu sebagai perencana dan pengemas komponen perjalanan wisata meliputi sarana wisata, obyek dan daya tarik wisata kedalam bentuk paket wisata; penyelenggaraan dan penjualan paket wisata dengan cara menylurkan melaui agen-agen perjalanan dan atau menjual secara langsung kepada wisatawan; penyediaan pramuwisata; penyedian pelayanan angkutan wisata; pemesanan akomodasi, restoran, tempat konvensi dan industri pariwisata lainnya; pengurusan dokumen perjalanan; penyelenggaraan perjalanan ibadah dan penyelenggaraan paket incentive tour.

Dalam menyusun paket wisata yang sangat perlu diperhatikan adalah kemampuan seorang tour planner dalam menangkap tren yang berkembang pada pasar dan tidak melakukan penyusunan paket wisata berdasarkan selera tour operator itu sendiri. Sering dijumpai di lapangan adanya salah kirim paket, dimana paket wisata ready made taylor disajikan untuk group incentive dan seterusnya, sehingga hasilnya kurang memuaskan berbagai pihak. Selengkapnya Anda bisa Unduh Cara Menyusun Paket Wisata Lengkap

Destinasi Wisata Kota Semarang

  1. Sam Poo Kong Chinese Temple – Jl. Simongan
  2. Semarang Old Town – Tawang Railway Station, ST. Joseph Gedangan Church, Susteran Gedangan, Blenduk Church, the building of Asuransi Jiwas Sraya (insurance building) , Marba Building, Bumi Daya Bank Building, Marabunta and De Spiegel.
  3. Lawang Sewu Building – by Prof. Jacob F. Klinkhamer and B.J Queendag in 1903
  4. Jawa Tengah Grand Mosque – Jl. Gajah
  5. Buddhagaya Buddhist Temple – Vihara Buddhagaya Watugong.

Destinasi Wisata Kabupaten Semarang

  1. Tlogo Agro Tourism desa Tlogo
  2. Bukit Cinta – desa Rawa Kebundowo
  3. Kampoeng Kopi Banaran
  4. Kopeng Recreation Park – Salatiga
  5. Semirang Waterfall – desa Gogik
  6. Gedongsongo Temple – desa Candi Ambarawa
  7. Palagan Ambarawa Monument
  8. Rawa Permai Tourism Park – Jl. Fatmawati No. 154 Lopait
  9. Umbul Sidomukti – desa Sidomukti, Bandungan
  10. Hills Joglo Villa
  11. Curug Tujuh Bidadari – desa Keseneng, Sumowono
  12. Taman Djamoe Indonesia

Latihan Menghitung Paket Wisata Excel

Dalam latihan ini kita akan menyusun harga paket wisata Semarang City Tour 2 hari 1 Malam dalam format Excel dengan data tempat wisata seperti yang tertera di kolom destinasi.

Ada beberapa jenis biaya yang harus diperhatikan dalam metode cost plus pricing

  1. Direct cost, biaya langsung adalah semua jenis biaya yang secara langsung digunakan dalam produksi paket wisata. Contoh : biaya akomodasi, transportasi, guide fee, dan lainnya
  2. Indirect cost, biaya tidak langsung adalah semua jenis biaya yang tidak langsung digunakan dalam pembuatan paket wisata. Contoh : gaji karyawan, biaya marketing, biaya pengembangan.
  3. Saving cost/ spare cost, adalah perhitungan biaya yang digunakan untuk berjaga-jaga apabila terjadi perubahan biaya yang tidak direncanakan.
  4. Fixed cost ( biaya tetap ) yiatu biaya yang dikeluarkan dalam jumlah yang tetap dan tidak berkaitan dengan jumlah wisatawan. Contoh : transportasi, toll parking, tour guide dan lainnya.
  5. Semi variable cost, adalah biaya variable yang dibebankan kepada wisatawan dengan tidak memandang jumlah wisatawan tersebut, misal : charter traditional performance dance, tip dan lainnya.
  6. Variable cost, biaya yang harus dikeluarkan berdasarkan jumlah wisatawan, contoh : akomodasi, makan minum, tiket, admission fee, asuransi dan lainnya